Pengguna internet semakin menjamur terutama pengguna yang memiliki akun di situs media sosial. Banyak orang yang mulai berhubungan dengan orang yang dikenal maupun yang tidak kenal. Internet seolah-olah mampu menembus batas perkenalan itu.
Namun tidak seperti di Jepang. Menurut survei yang dilakukan perusahaan riset TNS yang mempelajari perilaku konsumen online, dari 50.000 peselancar internet di 46 negara, TNS justru menemukan hal yang aneh di situs media sosial khususnya di Jepang.
Menurut hasil survei itu orang Jepang lebih suka berteman dengan orang-orang yang dikenalnya ketimbang mengenal orang baru. Seperti yang dilaporkan, rata-rata mereka hanya memiliki 29 orang dalam daftar pertemanan baik di Facebook maupun di Twitter.
Dibandingkan dengan Malaysia yang rata-rata setiap orangnya memiliki 233 teman. Sementara di situs Facebook sendiri, orang Malaysia memiliki hampir lebih dari 130 teman.
Kenapa bisa? Seperti dikutip dari Unplugged, menurut beberapa orang kebutuhan naluriah untuk menjaga privasilah yang membuat orang Jepang kurang berani unjuk gigi di situs media sosial populer itu.
Meski 'miskin' teman, Jepang justru menempati urutan ketiga pengguna internet terbanyak setelah China dan Amerika Serikat. Rupanya internet di Jepang lebih sering digunakan untuk hal bisnis. Kalaupun untuk hal pribadi, mereka lebih memilih untuk menggunakan nama samaran agar privasi tetap terjaga.
Bagi perusahaan, situs media sosial seperti Facebook maupun Twitter memang mempunyai tempat istimewa di dunia maya. Penggunaan media sosial memang kian meraksasa. Karena banyak hal yang bisa diambil dari salah satu corong new media ini, sehingga wajar bila perusahaan-perusahaan memiliki 'kepanjangan tangan' di Facebook, Twitter maupun media sosial lain.
sumber
No comments:
Post a Comment