Kamis, 06 Desember 2012

PC mini NUC dari intel terbaru

Kali ini saya mau berbagi informasi tentang perkembangan teknologi terutama pc komputer yg makin hari makin mengecil seperti  produk dari intel ini yaitu NUC. Sebelumnya jenis PC mungil ini jauh2x hari sudah ada yg dikeluarkan machintos mini yg bentuknya sama dengna NUC dengan OS Machintos itu sendiri dan harganya yg sangat mahal dan hanya mengena ke level highend user atau kantor multimedia.
Bagi Anda pengguna komputer mungkin sudah tak asing lagi dengan produk Intel NUC (Next Unit of Computing). Pada dasarnya Intel NUC adalah sebuah komputer desktop. Namun Intel NUC mempunyai fitur yang unik yaitu ukuran dari computer ini terbilang mini atau mungil. Komputer mungil Intel NUC ini hanya berukuran 4×4 inch.


Pada awalnya pihak Intel mengaplikasikan Iintel NUC pada digital signage, sistem embedded, dan juga pada sistem yang sejenis lainnya. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Intel akan menjual NUC dengan sasaran pasar kalangan konsumen umum atau biasa. Dan diperkirakan pihak Intel akan menjual Intel NUC ini pada bulan Desember mendatang dalam bentuk barebone.

Intel NUC memiliki 2 tipe barebone, dan yang akan ditawarkan oleh Intel adalah DC3217IYE dan DC3217BY yang dipromotori prosesor Intel Core i3 3217U (1.8 GHz, 3MB chace, 17 Watt TDP). Graphics Card yang dipakai adalah Intel HD 4000, untuk motherboard NUC menggunakan chipset QS77. 2 barebone NUC ini sudah dilengkapi dengan dua buah slot memory DDR3 type SO-DIMM, Slot mSATA untuk SSD, serta penyematan slot mini PCIe yang digunakan untuk modul Wi-Fi/Bluetooth.


Perbedaan yang dimiliki antara dua unit barebone NUC ini adalah pada bagian ketersediaan port. Dimana pada type DC3217IYE mempunyai dua buah port HDMI dan sebuah port Gigabit LAN. Sedangkan pada type DC3217BY hanya memiliki sebuah port HDMI dan sebuah port Thunderbolt tanpa port Gigabit LAN. Namun sayangnya dua type barebone NUC ini tidak memiliki kelengkapan output audio analog, pada bagian ini nampaknya harus memakai port HDMI. Pada Intel NUC type USB yang dibunakan juga hanya USB 2.0, bukan memakai versi USB 3.0.

Harga Intel NUC yang ditawarkan dikisaran harga $300 USD hingga $330 USD (CPU + Motherboard + Casing + PSU 65W) untuk pasar Amerika. Namun konsumen masih harus membeli komponen tambahan lain misalnya Memory, mSATA SSD, serta modul Wi-Fi, sehingga tentu saja terjadi pembengkakan harga pada Inetl NUC menjadi sekitar $500 USD.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...